Militansi Kader Golkar Mulai Bermunculan

Partai Golkar No.5

Partai Golkar No.5

SURABAYA (Suara Karya): DPP Partai Golkar memastikan kesiapan seluruh petugas partai untuk berlaga dalam pemilu 2014 mendatang. Para kader terutama di wilayah Jatim yang masyarakatnya didominasi kaum nadhliyin itu bahkan optimis, bisa memenangkan persaingan melawan partai lain termasuk parpol yang berbasis agama.

Menurut Wakil Sekjen DPP Partai Golkar Bidang Pemenangan Pemilu, Ridwan Hisjam, kirka (perkiraan keadaan) untuk mengantongi 20 persen suara di Jatim dan 30 persen secara nasional, bukanlah pekerjaaan ringan. “Para kader harus berjuang extra keras, apalagi tingkat elektabilitas partai ini sempat terpuruk pada April lalu,” ujarnya di Surabaya, Senin (9/9).

Beruntung, kata Ridwan yang pernah memimpin DPD Partai Golkar Jatim tersebut, mesin politik Golkar di wilayah ini ternyata masih sangat handal, solid dan bandel. Pihaknya yang kini diberi mandat sebagai ketua kordaprov Jatim BKPP (Badan koordinasi Pemenangan Pemilu (BKPP) DPP Partai Golkar itu hanya merasa perlu menggerakkan kembali dan memotivasi ulang para kader, agar militansi mereka segera bermunculan.

Militansi kader yang sudah mulai bermunculan itu menjadikan segenap jajaran Golkar lebih percaya diri. Pihaknya bahkan semakin bersemangat untuk meraup 30 persen suara di wilayah mataraman Jatim (Ponorogo, Ngawi, Nganjuk, Kediri, Kertosono, Madiun), 15 persen suara di tapal kuda (Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi) dan 20 persen di pantura Jatim.

Untuk kepentingan tersebut, Ridwan Hisjam masih akan mengandalkan mesin partai yang didukung para kader dan calon legislatif (caleg) yang akan berangkat mewakili wilayahnya masing-masing. “Kita berharap, militansi yang sudah mulai bermunculan akhir-akhir ini menjadikan mesin partai bergerak lebih kencang dan tidak bisa dihentikan lagi oleh gerakan apapun,” tegasnya.

Untuk meningkatkan kualitas para caleg agar mampu mengemban amanah rakyat, pihaknya juga sudah menggelar berbagai diklat. Berbagai diklat itu diantaranya berupa diklat kader teritorial, diklat kader ormas hingga level kader fungsional.

Agar lebih memotivasi para kader di daerah, pekan lalu Ketua Umum DP Partai Golkar, Aburizal Bakrie (ARB) juga menyempatkan diri datang ke Jawa Timur untuk menemui para kader hingga para kepala desa yang baru terpilih. Orang nomor satu di Golkar itu juga menemui para caleg DPRRI/DPRD I/DPRDII.

Ridwan juga memastikan, konsolidasi pemenangan pemilu di Jatim saat ini sudah berjalan hingga ke tingkat kelurahan dan kecamatan. Masyarakat di Jatim di wilayah perkotaaan hingga daerah pelosok dipastikan sudah siap menyongsong kejayaan kembali Partai Golkar.

Tahun depan, kata dia, bakal semakin banyak masyarakat Jatim yang menggantungkan harapan lewat Partai Golkar. “Jadi jangan kaget bila gambar pohon beringin akan menguningkan wilayah hingga ke pelosok-pelosok desa,” tegasnya. (Andira)